Kamis, Desember 18, 2008

From 9 Core Elements to the 12 Cs New Wave Marketing

Economic Outlook 2009
New Wave of Marketing : Are You Ready to Take Off?

From 9 Core Elements to the 12 Cs New Wave Marketing

Konsep 9 elemen marketing bukan sebuah dogma yang tidak bisa diubah seiring perkembangan gagasan yang tidak berarti plus berbagai perubahan yang terjadi, konsep inipun mengalami perkembangan dan penyesuaian.

Jika pernah ikut trainingMarkPlus atau seminar HK (Hermawan Kartajaya), anda pasti familiar dengan konsep 9 elemen marketing yang terdiri dari segmentasi, targeting, positioning, diferensiasi, marketing mix (product, price, place dan promotion), selling, brand, service dan proses. Konsep yang digagas HK sekitar 13 tahun lalu ini biasanya juga disebut sebagai 9 core elements. Sebagai sebuah konsep, tentu saja konsep 9 core elements tidak lahir begitu saja. Dia muncul lewat gagasan, hasil kajian litaratur serta pengalaman HK dalam membantu berbagai perusahaannasional baik nasional maupun local. Dengan konsep ini MarkPlus&Co, perusahaan konsultasi strategi pemasaran yang didirikan HK, mendasarkan semua analisisnya dalam memberi solusi bagi klien-kliennya.

Dari 9 core elements marketing muncul konsep PDB yaitu positioning, differentiation, dan branding. Boleh dibilang, PDB merupakan core dari 9 elemen marketing tadi. Positioning berarti cara yang tepat untuk memposisikan produk dan merek di benak pelanggan. Untuk tujuan tersebut tentu saja dibutuhkan perbedaan yang kokoh. Itulah yang disebut sebagai diferensiasi. Setelah memposisikan diri secara tepat serta di back up oleh diferensiasi yang kokoh, langkah berikutnya adalah membangun brand.

Meski ada PDB, 9 core elements marketing tidak boleh ditinggalkan. Masing-masing tetap memiliki peran yang tidak kalah pentingnya. Sebuah program pemasaran harus tetap mempraktekkan 9 core elements marketing tadi secara komprehensif tanpa kecuali artinya, suatu pernyataan positioning harus sesuai dengan segmen yang ditetapkan dan sesuai dengan target yang dituju. Juga, diferensiasi harus juga tetap diterjemahkan secara kreatif dalam marketing mix dan dipahami oleh para pemasar. Begitu pula dengan brand value harus terus ditingkatkan oleh service yang memuaskan dan proses yang efisien. Jika 9 core elements marketing saling tidak terkait, maka akan melahirkan praktik pemasaran yang pincang. Jadi, selain memang harus kuat, PDB memang tidak bisa dipisahkan dari 9 core elements marketing.

Tidak ada komentar: